Pulau Pahawang - Ayo Wisata

Pencarian

Pulau Pahawang

2016-12-12

Pulau Pahawang 

Pintu Masuk Pulau Pahawang. sumber: erwanfirdaus.blogspot.co.id

Pulau Pahawang merupakan destinasi wisata di provinsi Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai yang wajib hukumnya untuk dikunjungi bagi Anda para pencita wisata bawah laut. Berlokasi di kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran Lampung pulau ini terbagi atas Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar, dengan keindahan alam seputar dunia airnya. Menjadi kesenangan tersendiri tentunya bagi para Diver (penyelam) bisa mengexplor keindahan Pulau Pahawang atau bagi para pengagum Snorkling. Rute menuju Pulau Pahawang bisa ditempuh dengan menyebrang melalui Dermaga Ketapang atau Pantai Klara (kelapa rapat). Tidak ada angkutan umum atau bus untuk menuju ke tempat tersebut, sehingga bagi para wisatawan luar Lampung sebaiknya bisa menyewa mobil atau bisa membawa kendaraan pribadi.

Jika Anda ingin berkunjung ke Pulau Pahawang, maka tempat pertama yang harus anda tuju adalah Dermaga Ketapang atau Pantai Klara, karena kedua tempat tersebut merupakan titik penyebrangan terdekat menuju Pulau Pahawang. Untuk menuju Dermaga Ketapang dan Pantai Klara diperlukan waktu 60-90 menit dari pusat kota Bandar Lampung.

Pulau Pahawang menyimpan banyak sekali keindahan. Pemandangan yang indah, bukit dan pepohonan yang hijau, pasir pantai yang berwarna putih, air laut yang jernih dan segar dapat Anda nikmati di pulau ini. Sangat cocok tentunya bagi Anda pecinta Snorkling. Bahkan di Pulau Pahawang Kecil terdapat jembatan alami yang disebut dengan Tanjung Putus. Jembatan ini Menghubungkan antara Pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil. Tanjung Putus hanya akan terlihat pada saat air laut surut karena pada saat air laut pasang jembatan alami ini akan terendam air laut. Kawasan ini juga merupakan salah satu spot penyelaman favorit bagi para pengunjung.

Tanjung Putus. sumber: http: lihat.co.id

Taman Laut Pahawang. sumber: nationalgeographic.co.id


Spot diving Pulau Pahawang. sumber: ragamwisataid.blogspot.com
Luas Pulau Pahawang sendiri kurang lebih 1.084 hektare. Untuk dapat menyisir seluruh garis pantai Anda bisa menyewa perahu. Air laut yang biru jernih tampak kontras dengan hiajunya pepohonan. Pulau Pahawang memiliki 6 dusun yaitu Suakbuah, Penggetahan, Jeralangan, Kelompok, Pahawang, dan Cukuhnyai dengan penghuni sekitar 1.533 jiwa.

Di Pulau Pahawang ini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, berjemur, bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan, bermain pasir, berjalan-jalan di pinggiran pantai, dan juga snorkling tentunya. Jika para Anda tidak membawa alat untuk bersnorkling, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menyewanya di Pantai Klara tempat ada menyewa kapal atau bisa menyewa di Pulau Pahawang Besar.

Ada banyak spot snorkling di sekitaran pulau, suta diantaranya ada kapal nelayan yang karam. Kapal itu menjadi tempat persembunyian bagi ikan dan hewan laut lainnya. Keragaman bawah laut Pulau ini bertambah dengan adanya beberpa macam ikan, karang, serta tumbuhan-tumbuhan laut.

Pemandangan Bawah Laut Pahawang. sumber: backpackerjakarta.com
Bagi Anda yang ingin sekali menginap di Pulau Pahawang, maka Anda tidak perlu cemas, karena di pulau ini sudah tersedia penginapan yang disediakan oleh masyarakat sekitar. Dan kebanyakan Wisatawan yang datang kesini menginap di Pulau Pahawang Besar, karena di pulau tesebutlah kebanyakan dari penduduk setempat tinggal. 
Demikian sedikit informasi tentang Pulau Pahawang, semoga bermanfaat sahabat...

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags